Sponsor

Kamis, 19 Januari 2012

Ultrabook Evolusi dalam Dunia Notebook Aspire S3 Pertama di Dunia


Pernahkan anda membayangkan memiliki sebuah notebook yang berukuran tipis, stylish, ringan, dan memiliki spesifikasi yang bertenaga? Jika iya, maka kali ini intel memiliki jawaban untuk anda yaitu Ultrabook.
Intel memperkenalkan istilah ultrabook, yang artinya menggabungkan antara konsep portabilitas dan konektivitas yang dimiliki oleh notebook. Singkat kata, dengan memiliki sebuah unit Ultrabook, anda akan mendapatkan seluruh keunggulan yang ditawarkan oleh keunggulan yang ditawarkan oleh perangkat table dan notebook.
Untuk Ultrabook, Inter kembali memperkenalkan kembali jajaran produk prosesor ULV-nya yang terkenal hemat daya. Proses ULV (Ultra Low Voltage) merupakan platform prosesor mobile yang pernah di perkenalkan Intel kepada publik pada akhir tahun 2008 yang lalu. Prosesor jenis ini memiliki TDP (Thermal Design Power) yang sangat kecil sehingga irit dalam konsumsi daya.
Intel memproyeksikan bahwa seluruh platform prosesor yang ada saat ini (Sandy Bridge) dan yang akan hadir nanti (Ivy Bridge) akan tersedia dalam kategori ULV. Lini produk prosesor yang tersedia pun beragam mulai dari Core i3 hingga i7.
Pada dasarnya, Ultrabook memiliki desain dan bentuk fisik yang sama dengan notebook. Namun, terdapat beberapa poin penting yang menjadi cirri khas dari sebuah Ultrabook. Dalam hal ini kita dapat melihat penjelasan di bawah ini.

Daya Tahan Baterai yang Tinggi
Ultrabook diklaim intel memiliki daya tahan baterai yang tinggi, yaitu antara 5 hingga 8 jam. Hal ini karena pengguna prosesor ULV yang hemat daya tersebut. Hingga saat ini, platform prosesor Intel Sandy Bridge sudah tersedia dalam kategori ULV.
TDP maksimum dari sebuah prosesor Sandy Bridge ULV hanya berkisar pada angka 17 watt, baik itu core i3, i5 dan i7. Rendahnya TDP tersebut akan menyebabkan konsumsi daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan sebuah Ultrabook menjadi lebih irit.
Selain menggunakan prosesor ULV, Intel juga merekomendasikan Ultrabook untuk menggunakan SSD (Solid State Disk) sebagai media penyimpananya. Seperti yang kita ketahui, SSD lebih irit dalam kombinasi daya dibandingkan dengan menggunakan HDD (Hard Disk Drive). Hal ini merupakan salah satu alas an Intel untuk merekomendasikan penggunaan SSD, sehingga konsumsi daya lebih hemat.
Hanya saja kekurangan dari SSD ini adalah terjadinya pelonjakkan harga jual.

Desain Tipis dan Ringan
Selain berfokus pada ketahanan baterai, Intel juga mempertimbangkan desain dari Ultrabook tersebut. Intel menjajanjikan bahwa seluruh lini produk Ultrabook akan memiliki bentuk yang ringkas dan ringan. Ketebalannya tidak akan melebihi 2 cm dan bobotnya juga akan berkisar di bawah 1,4kg.
Dengan begitu, Anda sebagai penggunanya akan lebih muda dalam membawa Ultrabook kemanapun anda pergi. Dengan berbekal dimensi yang ringkas dan bobot yang ringan, Ultrabook mampu memberikan kenyamanan bagi anda pada saat menggunakannya ataupun pada saat membawannya bepergian.

Performa yang Menjanjikan
Penggunaan spesifikasi hemat daya pada Ultrabook bukan berarti Intel menggunakan prosesor yang lambat. Prosesor Intel core I ULV Series dirasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan komputasi Anda sehari-hari. Ultrabook memang dirancang untuk menggunakan yang ringan-ringan saja, seperti ofice, browsing, dan pengetikan dokumen.
Ultrabook bukan dirancang sebagai perangkat gaming sehingga spesifikasi yang diusung tidak perlu terlalu tinggi. Namun, bila digunakan untuk keperluan multimedia, seperti menonton film beresolusi full HD, spesifikasi yang digunakan Ultrabook masih bisa di andalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan. komentar Anda sebaiknya berhubungan dengan artikel yang dibahas, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.

Sponsor

Pengikut