Sponsor

Kamis, 28 Juli 2011

Pemrograman Mobile

Pada bagian ini, kita akan menggali tentang menulis, membangun, menggunakan emulator dan melakukan packaging aplikasi J2ME. Integrated Programming Environment yang akan kita gunakan adalah NetBeans 4.1 (www.netbeans.org) dan NetBeans Mobility Pack.

Tujuan
  • Menciptakan MIDlet sederhana
  • Menciptakan proyek di Netbeans
  • Menciptakan MIDlet di Netbeans
  • Menjalankan MIDlet di Emulator
 Pengenalan
IDE (Integrated Development Environment) adalah sebuah lingkungan pemrograman (programming environment) yang memiliki GUI builder, text atau code editor, compiler dan/atau interpreter dan debugger. Dalam hal ini, NetBeans Mobility Pack juga memiliki device emulator. Fasilitas ini bisa membuat kita melihat program kita pada device yang sesungguhnya.


MIDlet
MIDlet mulai hidup ketika MIDlet dibuat oleh Application Management System (AMS) pada device. Agar kita dapat membuat MIDlet, kita harus membuat subclass dari MIDlet class dari avax.microedition.midlet package. Kita juga harus melakukan override atau implement pada method: startApp(), destroyApp() dan pauseApp(). Method-method tersebut adalah method yang diperlukan oleh AMS untuk menjalankan dan mengkontrol MIDlet.
Tidak seperti program Java pada umumnya dimana method main() hanya digunakan sekali pada jalannya program, method startApp() mungkin akan dipanggil lebih dari sekali dalam daur hidup MIDlet.

COntoh ProgRam
Percobaan 1: Hello Midlet
Hasil :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan. komentar Anda sebaiknya berhubungan dengan artikel yang dibahas, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.

Sponsor

Pengikut