Sponsor

Rabu, 27 Juli 2011

Hummer, Si Gagah Perkasa Yang Mengenaskan

Salah satu mobil Favorit ku..., dan nanti Kalau boleh saya ingin memmiliki salah satu mobil ini...


Hayo sapa yang gak kenal ama Hummer ??? bukan palu, bukan pula merek baju :D Yup, Hummer kendaraan serba bisa buatan Amrik ini akan segera memasuki pensiun. Gara2nya General Motors (GM) sang induk dari Hummer ini gagal menjual mobil ini ke perusahaan asal China, Tengzhong. Upaya GM untuk menyelamatkan Hummer usah sudah.
Krisis keuanganyang melanda dunia termasuk Amerika membuat GM terkena imbasnya. Restrukturisasi besar2an pun dilakukan oleh GM. Keputusan pun diambil, GM hanya fokus pada 4 merek inti yaitu Chevrolet, Cadillac, Buick & GMC. Merek yang kurang menguntungkan dengan terpaksa ditendang dari keluarga besar GM salah satunya Hummer. Nah agar riwayat Hummer tetap hidup, GM menjual ke perusahaan Tengzhong. Namun proses penjualan gagal total karena pihak regulator China menolak untuk memberi persetujuan atas transaksi senilai USD150 juta tersebut.
Sebenarnya Tengzhong berminat sungguh2 kepada Hummer akan tetapi Pemerintah China lebih memilih untuk memiliki kendaraan2 ramah lingkungan dibandingkan dengan Hummer yang dikenal sangat rakus BBM. Dengan gagalnya penjualan tersebut maka sekitar 3.000 pekerja akan di-PHK termasuk akan menutup 153 dealer yang tersebar di negeri Paman Sam.
Sejarah Hummer
Pada awalnya Hummer dibuat untuk kepentingan militer oleh sang pembuat yakni AM General Corporations. Hummer generasi pertama muncul pada bulan Maret 1990. Namun karena berbagai alasan kendaraan militer tersebut akhirnya dibuat juga versi sipilnya. Uji coba Hummer protipe versi sipil (H1) diperkenalkan pada bulan Mei 1990 dengan melakukan turing jarak jauh dari London ke Beijing. Rute yang dilewati pun sempat masuk ke wilayah Uni Soviet, weleh3x…untung gak sampe dihajar rudal. Di tahun 1992 AM General Corporations untuk pertama kalinya secara resmi menjual Hummer versi sipil yang diberi nama M998 High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV ato Hum-Vee). Tidak ada perbedaan antara Hummer versi militer dengan versi sipil. Hanya saja yang versi sipil dibuat lebih nyaman seperti interior, penyejuk udara, audio dsb. Sedangkan untuk sasis maupun suspensi tidak ada perubahan, persis plek dengan versi militer. Di tahun yang sama pada bulan Desember, AM General Corporations menjual merek Hummer kepada GM. AM General Corporations tetap memproduksi mobil namun penjualan & distribusi sepenuhnya diserahkan pada GM.

 Hummer H1, mempunyai 5 varian mesin mulai dari 6.200 cc Detroit Diesel V8, 6.500 cc Detroit Diesel V8, 5.700 cc Vortex V8 bensin, 6.500 cc Turbo Diesel V8 & 6.600 cc Duramax Turbo Diesel


 Interior Hummer H1


Hummer lalu memasuki tahap baru di tahun 2003 dengan memperkenalkan generasi kedua H2. Bodi H2 lebih ramping, lebih panjang, lebih tinggi & lebih ringan dibanding dengan pendahulunya H1. Lalu pada tahun 2006 diperkenalkan model terbaru Hummer H3. Pada tahun 2008 muncul lagi Hummer generasi baru yang diberi nama HX. Boleh dibilang model ini sedikit menyimpang dari kesan Hummer itu sendiri. Tidak ada lagi kesan sangar. Bahkan ukuran bodinya pun terbilang kecil, lebih kecil dari H3 yang sudah dibilang kecil. Meski mempunyai kelebihan atap & pintu yang bisa dicopot untuk memudahkan ber-offroad ria menerjang kubangan lumpur toh para penggemarnya menganggap varian HX telah mengkhianati leluhurnya.

 Hummer H2, dibekali mesin 6.000 cc V8, paling boros BBM bisa mencapai 1 liter = 4 km !!!


  Hummer H3, mesinnya 3.500 cc 5 silinder segaris DOHC 20 valves. Kapasitas mesin diturunin supaya hemat BBM tapi tetep aja boros yakni 6,5 km/liter


Nasib Hummer berada di ujung tanduk setelah krisis keuangan dunia & harga minyak dunia naik. Sempat dilirik oleh perusahaan otomotif India, Mahindra di bulan Juni 2008 namun tidak ada kelanjutannya hingga akhirnya discontinue untuk selama2nya. Bye2 Hummer…

 Hummer HX, gak ada kesan gagah dibandingkan dengan sebelumnya.

dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan. komentar Anda sebaiknya berhubungan dengan artikel yang dibahas, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.

Sponsor

Pengikut